Hikmah

Mengapa Kaum Mukmin Wajib Menuntut Ilmu


10 bulan yang lalu


mengapa-kaum-mukmin-wajib-menuntut-ilmu


Nurulfalah.org – Islam mengajarkan umatnya untuk selalu belajar atau menuntut ilmu. Di dalam Al-Qur’an surat Al-Mujadalah ayat 11, Allah SWT telah berfirman,”

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ إِذَا قِيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوا۟ فِى ٱلْمَجَٰلِسِ فَٱفْسَحُوا۟ يَفْسَحِ ٱللَّهُ لَكُمْ ۖ وَإِذَا قِيلَ ٱنشُزُوا۟ فَٱنشُزُوا۟ يَرْفَعِ ٱللَّهُ ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ مِنكُمْ وَٱلَّذِينَ أُوتُوا۟ ٱلْعِلْمَ دَرَجَٰتٍ ۚ وَٱللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

Artinya: “Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: “Berlapang-lapanglah dalam majelis”, maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: “Berdirilah kamu”, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.”


Kutipan ayat tersebut menerangkan bahwa betapa Allah akan mengangkat derajat mereka yang menuntut ilmu beberapa kali lebih tinggi daripada yang tidak menuntut ilmu. Isyarat ini menandakan bahwa dengan ilmulah manusia bisa menjadi lebih mulia, tidak dengan hartanya, apalagi nasabnya. 

Dalam sebuah hadis juga disebutkan mengenai keutamaan mempelajari ilmu pengetahuan dalam Islam. Rasulullah SAW bersabda:

وَمَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللَّهُ لَهُ بِهِ طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ
Artinya: “Siapa yang menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan mudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR Muslim no. 2699)
 
Dari dua dalil di atas jelas bahwa umat Islam diwajibkan menuntut ilmu. Sebab, Allah SWT telah berjanji di dalam Al-Qur’an bahwa barangsiapa yang pergi untuk menuntut ilmu, maka Allah akan mengangkat derajatnya. Rasulullah SAW juga menjelaskan bahwa dengan belajar atau berjalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan memudahkan jalannya menuju surga.
 
Karena itu, sesungguhnya kaum muslimin tetap dituntut untuk belajar sepanjang hayat semata-mata untuk mencari keridaan Allah dan wujud ibadah. 

Semoga kita dapat menjadi muslim yang dimuliakan Allah dengan ilmu kita. Aamiin. (redaksinf/eko)