Nurul Falah

Pesantren Ramadhan Momentum Latih Kepekaan Sosial Siswa


sebulan yang lalu


pesantren-ramadhan-momentum-latih-kepekaan-sosial-siswa

Bulan suci Ramadan menjadi momentum perubahan melalui amal dan ibadah bagi umat Islam di seluruh dunia. Di bulan penuh berkah ini, program pendidikan tetap harus berjalan. Karena itu, ada program yang bisa dilaksanakan, yakni Pesantren Ramadhan sebagai program amalia Ramadhan pelajar.

Kegiatan religi di bulan Ramadhan memang sudah berlangsung lama. Hal inilah yang perlu dilestarikan dan dijaga untuk meningkatkan ketakwaan para pelajar dan warga sekolah lainnya. 

Diharapkan para peserta didik bisa menjadikan Pesantren Ramadhan tersebut untuk melatih diri sekaligus melatih kepekaan sosial. Yakni pelajar mampu meningkatkan ketakwaan kepada Allah dengan melakukan berbagai aktivitas. Termasuk di dalamnya kegiatan tadarrus, kegiatan mengaji, atau mengikuti program pelatihan da’i.

Di sisi lain, kelas tahfidz bisa dihidupkan di berbagai jenjang sekolah. Tujuannya meningkatkan hafalan Qur’an secara baik. 

Tentunya program ini hendaknya tidak sekadar dilakukan sekali, tapi benar-benar menjadi sebuah rutinitas yang membekas dalam jiwa yang pada akhirnya peserta didik kita terbentuk menjadi generasi tangguh, dapat diandalkan, serta memiliki tingkatan keimanan dan ketakwaan yang baik.