LPQ Nurul Falah

Tingkatkan Kualitas Pembelajaran, Puluhan Santri Ikuti Munaqosyah Tahfidzul Qur’an Tilawati


sebulan yang lalu


tingkatkan-kualitas-pembelajaran-puluhan-santri-ikuti-munaqosyah-tahfidzul-quran-tilawati

Nurulfalah.org – Kompetensi di bidang Al-Qur’an wajib dimiliki. Hal ini penting untuk menunjang kualitas pengajaran dan pembelajaran Al-Qur’an. Karena itu, Pesantren Al-Qur’an Nurul Falah Surabaya memberikan perhatian utama terhadap upaya peningkatan mutu pembelajaran di bidang Al-Qur’an. 

Dalam rangka menebarkan dakwah Qur’an dan mencetak santri yang memiliki kompetensi hafalan Qur’an, Rumah Tahfidz Darul Qur’an PCM Bubutan, Surabaya, mengadakan munaqosyah program tahfidzul Qur’an metode tilawati pada Ahad, 12 Mei 2024.

Kegiatan yang termasuk program LPQ Nurul Falah dengan munaqisy tersebut bertujuan untuk mengukur seberapa berhasil santri itu menghafal dalam jangka waktu satu tahun. ”Makanya, perlu diadakan kajian seperti ini," tutur Ustaz M. Hasan Zamzami, S.Ag. Al Hafidz. 

Selain Ustaz Zamzami, munaqosyah kali ini juga dihadiri oleh Ustaz Muhammad Chudori Anwar, S,Th.I. Al Hafidz. Para santri tampak hadir ke tempat acara, lalu maju untuk munaqosyah dan menjalani penilaian.

Kegiatan ini diikuti oleh 63 peserta munaqosyah dari semua kalangan. Ustaz Zamzami menjelaskan, para peserta bermacam-macam untuk setorannya. ”Mulai dari juz 1, 2, 3, 4, 5, 27, 28, 29, dan 30,” terangnya. Kegiatan ini dimulai dari pukul 07.30 sampai 11.00. 

Diharapkan melalui kegiatan tersebut, semakin banyak masyarakat muslim yang memperoleh manfaat dari tilawati. Apalagi, metode tilawati dikenal menyenangkan dan memudahkan para santri yang belajar membaca Al-Qur’an.