LAZIS Nurul Falah

Berbagi Kebahagiaan di Desa Terpencil Madura, LAZIS NF Bantu Anak Yatim dan Warga Kurang Mampu


8 bulan yang lalu


berbagi-kebahagiaan-di-desa-terpencil-madura-lazis-nf-bantu-anak-yatim-dan-warga-kurang-mampu


Nurulfalah.org – Sebagai wujud kepedulian terhadap sesama manusia, LAZIS Nurul Falah bekerja sama dengan Himpunan Mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah Universitas Trunojoyo Madura menyelenggarakan santunan santri yatim dalam kegiatan bakti sosial pada Sabtu-Ahad, 16-17 September 2023. Bakti sosial ini dilaksanakan di salah satu desa terpencil di Bangkalan, yaitu Desa Pettong, Kecamatan Tanah Merah. 

Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk memberikan perhatian kepada masyarakat kurang mampu. Bentuknya adalah pemberian sembako, santunan anak yatim, mengajar, bazar mini, dan aktivitas bersih-bersih.

LAZIS Nurul Falah, Himpunan Mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah Universitas Trunojoyo, serta aparat Desa Pettong bekerja sama untuk mendapatkan daftar masyarakat miskin yang benar-benar layak dibantu oleh LAZIS Nurul Falah. Dengan begitu, diharapkan bantuan yang diberikan tepat sasaran.

Sebelum hari pelaksanaan, tim panitia mendatangi secara langsung warga yang telah didata sebelumnya dengan diberi kupon (tanda menerima bantuan). Pada hari pelaksanaan, warga yang menerima kupon berbondong-bondong mendatangi tempat acara, yakni rumah kepala desa. Mereka menukarkan kupon tersebut untuk mendapatkan bantuan.

Adapun kegiatan bakti sosial lainnya adalah santunan anak yatim. Kegiatan yang bekerja sama dengan LAZIS Nurul Falah ini diperuntukkan bagi beberapa anak yang ada di Desa Pettong.

Memberi dan berbagi menjadi salah satu hal kebaikan yang perlu ditanamkan dalam diri. Berbagi merupakan kebahagian yang akan menghadirkan ketenangan hati dan memberikan jalan untuk tercapainya keinginan. Dengan itu, di antara kegiatan bakti sosial kali ini kami adakan santunan anak yatim karena mereka ingin dihargai dan disayangi.

Ketua Himpunan Mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah Universitas Trunojoyo mengucapkan terima kasih atas kerja sama tersebut. ”Kegiatan ini ditujukan untuk membantu sesama manusia. Kita harus ingat bahwa kita selalu diawasi oleh Yang Maha Kuasa. Semoga apa yang diberikan tersebut dapat bermanfaat dan berguna bagi warga dan anak-anak di desa ini,” terangnya.

Warga setempat merasa sangat senang dengan hadirnya para mahasiswa yang terjun ke lapangan tersebut. ”Mahasiswa datang ke sini sebagai bentuk pengabdian mereka kepada Masyarakat. Harapan kami tidak hanya berhenti sampai di sini,” ucap salah seorang warga Desa Pettong. (lazisnf/eko)