Tilawati

Cetak Guru Ngaji Mumpuni, Tilawati Palangkaraya Adakan Diklat Standardisasi


18 hari yang lalu


cetak-guru-ngaji-mumpuni-tilawati-palangkaraya-adakan-diklat-standardisasi


Nurulfalah.org – Pada Sabtu-Ahad, 27-28 April 2024, Tilawati Palangkaraya menggelar diklat standardisasi guru Al-Qur’an level 1 yang dihadiri oleh 70 peserta. Acara tersebut menjadi sorotan karena berhasil terselenggara dengan lancar dan sukses. Hal ini terlihat dari antusiasme yang tinggi para peserta dalam mengikuti diklat itu.

Salah satu momen penting dalam acara ini adalah kehadiran kepala Tilawati Cabang Kutai Kartanegara, yang memberikan sambutan inspiratif. Tujuan utama diklat ini adalah mencetak lebih banyak guru ngaji berstandar tilawati yang mampu mengajar Al-Qur’an dengan metode tilawati.

Dalam sambutannya, kepala Tilawati Cabang Kutai Kartanegara menyampaikan pentingnya standardisasi dalam mengajar Al-Qur’an. Diklat ini bukan hanya tentang transfer pengetahuan, tetapi juga membentuk kualitas guru ngaji yang berkualitas dan dapat memberikan pengajaran yang lebih baik kepada generasi masa depan.

Antusiasme yang terlihat dari para peserta menjadi bukti bahwa program ini sangat dibutuhkan dan diapresiasi oleh masyarakat. Dengan adanya diklat ini, diharapkan lahir lebih banyak lagi guru ngaji yang mumpuni dalam metode tilawati sehingga Al-Qur’an dapat diajarkan dengan lebih efektif dan mendalam kepada generasi mendatang.

Selain diklat standardisasi guru Al-Qur’an level 1, diadakan pula diklat level 2 yang membahas strategi Al-Qur’an, imlak, tajwid, dan demonstrasi wisuda khotmil Qur'an. Acara ini menjadi kesempatan bagi para peserta untuk mendalami dan memperdalam pemahaman tentang berbagai aspek penting dalam pengajaran Al-Qur’an.

Selain itu, dalam rangka meningkatkan kualitas guru Al-Qur’an, dilaksanakan upgrading guru dengan tema penyegaran strategi pengajaran dan peningkatan kualitas bacaan Al-Qur’an. Hal ini menjadi bagian integral dalam upaya Tilawati untuk terus mengembangkan standar pengajaran yang berkualitas dan efektif dalam memahamkan Al-Qur’an kepada generasi muda. (cml/eko)