Tilawati

Momen Penuh Kesan dan Kebanggaan, RTQ Ar Rohim Ende NTT Gelar Wisuda Khatmil Qur’an


8 hari yang lalu


momen-penuh-kesan-dan-kebanggaan-rtq-ar-rohim-ende-ntt-gelar-wisuda-khatmil-quran


Nurulfalah.org – Suasana haru dan penuh kebanggaan begitu terasa di Masjid Agung Nurul Hidayah Ende pada Ahad, 23 Juni 2024, saat 10 wisudawan dari Rumah Tahfidz Al-Qur’an (RTQ) Ar Rohim Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), merayakan keberhasilan mereka menyelesaikan khatam Qur’an 30 juz. Dalam acara yang berlangsung meriah itu, para hadirin disuguhi momen-momen berkesan yang menggugah semangat keislaman dan kebersamaan.

Tema "Mewujudkan Generasi Islami Menyongsong Masa Depan Cemerlang" menjadi roh dari pelaksanaan wisuda yang dihadiri oleh Kepala Pendidikan Islam dan Kepala LPTQ Ende NTT ini. Selain menjadi ajang apresiasi bagi para santri yang telah menghafal Al-Quran, wisuda ini bertujuan untuk meningkatkan mentalitas serta memotivasi para santri TPQ lainnya di wilayah Ende.

Ketua Yayasan Tahfidz Ar-Rahim, Ustaz M. Taufiq Hajar, turut menyampaikan kebanggaannya terhadap para wisudawan. Dalam sambutannya yang penuh inspirasi, ia mengatakan bahwa para wisudawan tersebut adalah bintang-bintang yang akan menerangi masa depan kita dengan cahaya Al-Quran. ”Keberhasilan mereka adalah bukti nyata bahwa usaha dan doa tidak pernah sia-sia," tegasnya.

Acara berlangsung dengan lancar dan penuh khidmat, terlebih dengan adanya uji publik yang membuat para wisudawan dan hadirin merasa terharu. Melalui ujian ini, para wisudawan menunjukkan kemampuan mereka dalam menghafal dan memahami Al-Quran, suatu pencapaian yang patut dibanggakan.

Direktur Eksekutif Pesantren Al-Qur’an Nurul Falah Surabaya Dr. KH Umar Jaeni, M.Pd. yang turut hadir secara online menyatakan kebanggaannya terhadap RTQ Ar Rohim Ende. Ia menyampaikan bahwa keberhasilan RTQ ini dalam melaksanakan wisuda metode tilawati adalah langkah besar menuju peningkatan pendidikan Al-Quran di daerah tersebut.

Meski demikian, tantangan masih menghadang. Kota Ende masih mengalami minimnya jumlah TPQ dan guru Al-Quran yang tersebar. Harapannya, melalui wisuda tersebut, perhatian terhadap pendidikan Al-Quran dapat lebih meningkat sehingga semakin banyak generasi muda yang terinspirasi untuk belajar dan menghafal Al-Quran.

Wisuda ini tidak sekadar seremonial, tapi juga simbol kebanggaan dan komitmen untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan Al-Quran di Ende. Upaya ini diharapkan dapat melahirkan generasi Islami yang siap menyongsong masa depan dengan cemerlang. (cml/eko)