Tilawati

Selesaikan Khataman & Hafalan, Santri TPQ Tholabul Ilmi Banyuwangi Ikuti Khotmil Qur’an


9 hari yang lalu


selesaikan-khataman-hafalan-santri-tpq-tholabul-ilmi-banyuwangi-ikuti-khotmil-quran


Nurulfalah.org – TPQ Tholabul Ilmi di Dusun Cermean, Desa Singolatren, Kecamatan Singojuruh, Banyuwangi, menggelar acara Tasyakuran Khotmil Qur'an & Hifdzul Qur'an dengan penuh khidmat dan kesederhanaan pada Selasa, 9 Juli 2024. Acara tersebut dihadiri oleh jajaran pemerintah Desa Singolatren, termasuk Kepala Desa (Kades) dan Kepala Dusun (Kasun) Cermean serta para pengurus Ranting NU Cermean, Fatayat, Muslimat, dan Takmir Masjid Nurul Huda. Para wali santri turut memeriahkan acara itu.

Acara yang berlangsung khusyuk ini juga dihadiri oleh para pengurus Tilawati Cabang Banyuwangi, di antaranya Ustaz Mundzir sebagai koordinator cabang (korcab) dan Ustazah Nurul Hidayah, S.Pd.I. yang membidangi perawatan. Kedua tokoh itu memberikan dukungan moral dan motivasi kepada para santri yang telah menyelesaikan khataman dan hafalan Al-Qur'an.

Dalam suasana penuh rasa syukur, Ustazah Hj. Halimah, S.Ag., pengasuh TPQ Tholabul Ilmi, mengungkapkan rasa bangga dan harapannya kepada sembilan wisudawan dan wisudawati yang telah berhasil menyelesaikan hafalan mereka. Ia berharap agar para santri dapat terus menjaga hafalan mereka dan mengamalkan isi Al-Qur'an dalam kehidupan sehari-hari.

"Al-Qur'an bukan hanya untuk dihafalkan, tetapi juga diamalkan. Semoga para wisudawan dan wisudawati kita dapat menjadi generasi Qur'ani yang mampu menerapkan ajaran-ajaran Al-Qur'an dalam setiap aspek kehidupan mereka," tutur Ustazah Hj. Halimah.

Ustaz Mundzir juga memberikan pesan kepada para santri untuk terus semangat dalam menuntut ilmu dan mendalami Al-Qur'an. "Perjalanan kalian dalam menghafal Al-Qur'an ini adalah langkah awal. Jangan berhenti di sini. Teruslah berusaha untuk memahami dan mengajarkan Al-Qur'an kepada orang lain," tegasnya.

Sementara itu, Ustazah Nurul Hidayah menyampaikan bahwa peran orang tua sangat penting dalam mendukung anak-anak mereka dalam menghafal Al-Qur'an. "Dukungan dan doa dari orang tua adalah kunci utama kesuksesan anak-anak kita. Mari kita terus mendukung mereka agar selalu dekat dengan Al-Qur'an," ucapnya.

Acara Tasyakuran Khotmil Qur'an & Hifdzul Qur'an ini diakhiri dengan doa bersama yang dipimpin oleh Ustaz Mundzir, memohon keberkahan dan kemudahan bagi para santri dalam menjaga hafalan mereka. Para hadirin tampak terharu dan bangga menyaksikan keberhasilan para santri dalam menghafal Al-Qur'an.

Dengan diadakannya acara tersebut, TPQ Tholabul Ilmi diharapkan dapat terus melahirkan generasi-generasi Qur'ani yang hafal Al-Qur'an dan mampu mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga semangat dan dedikasi para pengurus, guru, dan orang tua dalam mendidik anak-anak mereka dengan Al-Qur'an selalu diberkahi oleh Allah SWT. (cml/eko)