Tilawati

Sukses Gelar Diklat Tilawati PAUD: TK Bona Serang Wujudkan Pengajaran Al-Qur'an yang Menyenangkan


10 hari yang lalu


sukses-gelar-diklat-tilawati-paud-tk-bona-serang-wujudkan-pengajaran-al-quran-yang-menyenangkan

Serang, Banten – Dalam upaya meningkatkan kualitas pengajaran Al-Qur'an di tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Diklat Tilawati sukses digelar di TK Bona pada tanggal 05-06 Juli 2024. Acara ini diikuti oleh 12 guru dari TK Bona yang bersemangat untuk memperdalam metode Tilawati.

Diklat yang berlangsung selama dua hari ini menghadirkan narasumber ahli dari Tilawati Regional Banten 2 yang dikenal memiliki pengalaman luas dalam mengajarkan metode Tilawati. Materi yang disampaikan mencakup teori dan praktik yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan para guru dalam mengajarkan Al-Qur'an kepada anak-anak dengan cara yang menyenangkan dan efektif.

Hari pertama diklat dibuka dengan sambutan hangat dari Kepala TK Bona, Ibu Elida Ayunawati. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan, "Kami sangat bersyukur dan bangga bisa menyelenggarakan diklat ini. Semoga para guru dapat mengaplikasikan ilmu yang diperoleh dengan baik demi kemajuan anak-anak didik kita." Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi teori yang meliputi pengenalan metode Tilawati, strategi pengajaran tilawati PAUD, teknik pengajaran interaktif, serta cara mengatasi berbagai tantangan dalam pengajaran.

Pada hari kedua, para peserta diajak untuk mengikuti sesi praktik. Mereka mendapatkan kesempatan untuk mengajar langsung dengan bimbingan instruktur profesional. Suasana penuh semangat dan antusiasme terlihat jelas dari interaksi aktif antara peserta dan instruktur. "Pengalaman ini sangat berharga bagi kami. Kami jadi lebih paham bagaimana menerapkan metode Tilawati dengan cara yang efektif dan menyenangkan," ungkap salah satu peserta diklat.

Meskipun peserta diklat hanya berjumlah 12 orang, hal ini tidak mengurangi kualitas dan semangat pelatihan. Justru, jumlah yang terbatas membuat sesi pelatihan menjadi lebih intensif dan personal. Setiap peserta mendapatkan perhatian yang lebih mendalam dari para instruktur, sehingga proses belajar menjadi lebih optimal.

Selain itu, acara ini juga menjadi ajang silaturahmi dan berbagi pengalaman antar sesama guru TK Bona. Banyak dari mereka yang saling bertukar cerita dan strategi pengajaran yang telah diterapkan di kelas masing-masing. Momen kebersamaan ini diharapkan dapat membentuk kerja sama yang lebih solid antar guru di TK Bona.

Diklat Tilawati PAUD di TK Bona ini diakhiri dengan doa bersama, memohon keberkahan agar ilmu yang telah diperoleh dapat membawa manfaat yang luas.

Dengan suksesnya penyelenggaraan diklat ini, diharapkan kualitas pengajaran Al-Qur'an di TK Bona dapat semakin meningkat. Para guru yang telah mendapatkan pelatihan ini diharapkan mampu menginspirasi dan membimbing anak-anak dengan lebih baik, sehingga mereka tumbuh menjadi generasi yang cerdas dan berakhlak mulia. (act/cml)